Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Usaha Ternak Modal 300 Ribu di Pedesaan

Saat ini kamu tengah tinggal di desa? Butuh ide untuk memulai bisnis sederhana, modal kecil, tapi menguntungkan? Tenang, kamu bisa memulainya dengan usaha ternak modal 300 ribu saja.

Jangan salah, bisnis atau usaha ternak memiliki prospek yang sangat bagus, terutama di desa-desa. Pasalnya, hasil ternak selalu masyarakat butuhkan. Bahkan, usaha ternak ini bisa kamu geluti dan kamu kembangkan.

Usaha Ternak di Desa

4 Usaha Ternak Modal 300 Ribu

Ada banyak usaha ternak yang bisa kamu coba. Berawal dari modal 300 ribu saja, kamu bisa memulai usaha dengan peluang yang sangat bagus.

Sebagai ide dan inspirasi usaha kamu, berikut ini daftar usaha ternak dengan modal kecil yang bisa kamu tekuni.

1. Usaha Ternak Jangkrik

Ternak jangkrik merupakan salah satu usaha dengan modal kecil. Lebihnya lagi, usaha ternak satu ini memiliki potensi yang cukup hobi.

Kebutuhan akan jangkrik, terutama masyarakat yang hobi memelihara hewan tertentu selalu diminati. Pada dasarnya, jangkrik merupakan sumber pakan yang memiliki nilai gizi tinggi.

Terutama bagi hewan-hewan peliharaan seperti burung koleksi, ikan hias, maupun hewan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memasarkan hasil ternak jangkrik ke pasar hewan, atau toko pakan dan perlengkapan ternak.

Dengan modal 300 ribu ini kamu sudah bisa membeli beberapa indukan, wadah budidaya, hingga pakannya. Umumnya, ternak jangkrik ini sudah bisa kamu panen selama 35 hari pemeliharaan.

2. Usaha Ternak Ayam

Usaha ternak modal 300 ribu selanjutnya yakni ternak ayam. Dengan modal 300 ribu ini kamu sudah bisa membeli anakan ayam yang bisa kamu besarkan.

Kamu juga bisa membeli kebutuhan pakannya. Prospek usaha ternak ayam ini sangatlah bagus, karena kebutuhan daging ayam selalu meningkat di masyarakat.

Apalagi, daging ayam ini tak hanya enak melainkan juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Selain itu, daging ayam bisa diolah menjadi aneka makanan lezat.

Kamu bisa menjual hasil ternak ayam ke pasar hewan. Bahkan, kamu juga bisa menjualnya berupa daging ayam yang sudah kamu potong dan dibersihkan.

3. Usaha Ternak Cacing

Usaha ternak modal 300 ribu selanjutnya yakni ternak cacing untuk sumber pakan hewan lainnya. Meskipun terbilang sederhana, akan tetapi ide usaha ini patut kamu coba.

Pasalnya, permintaan cacing untuk pakan ternak ayam, bebek, burung, ikan hias, maupun hewan lainnya cukup tinggi. Bahkan, beberapa industry juga membutuhkan cacing segar sebagai bahan baku pembuatan obat medis modern.

Untuk memulai usaha ini, kamu tidak perlu membutuhkan lahan yang luas. Kamu bisa memanfaatkan pekarangan atau menyediakan wadah dengan merakitnya sendiri.

Kemudian, untuk sisa modal lainnya bisa kamu alokasikan untuk membeli bibit cacing dan media ternak seperti tanah gembur.

4. Usaha Ternak Lele

Usaha ternak lele ini bisa menjadi ide bisnis selanjutnya. Ternak lele yang dimaksud adalah pembesaran.

Artinya, dengan modal 300 ribu tersebut kamu bisa memanfaatkannya untuk membeli bibit lele, pakan, dan pendukung lainnya. Permintaan lele cukup banyak di masyarakat.

Apalagi, lele menjadi bahan baku utama berbagai macam kuliner. Banyaknya permintaan lele, tentu saja semakin mudah bagi kamu untuk menjualnya.

Kamu juga bisa menjual hasil panen tersebut ke pasar-pasar. Dengan harga yang ekonomis, hasil ternak lele kamu bisa laris manis.

Usaha ternak modal 300 ribu ini bisa kamu jadikan bisnis sampingan. Namun, jika memiliki hasil yang lumayan dan bisa kamu kembangkan lebih besar lagi, tak ada salahnya jika menjadi sumber pendapatan kamu.